Monday, October 4, 2010

Perkembangan Ilmu Komunikasi III

Publiziztik Wissenschaft (Perkembangan Komunikasi setelah zaman Yunani dan Romawi kuno)

Fenomena perkembangan ilmu pernyataan antar manusia semakin berkembang pada tahun 100-44 Sebelum Masehi, dibawah kepemimpinan Gaius Julius Caesar, Kaisar Romawi.
Proses pernyataan manusia di zaman itu mulai menggunakan media, yakni setiap kegiatan Senat harus diumumkan kepada masyarakat dengan cara ditempel pada papan pengumuman yang dinamakan Acta Diurna.

Kegiatan pemberitaan melalui Acta Diurna ini merupakan cikal bakal dimana ilmu Jurnalistik dimulai.

Sampai abad 1 (satu) Masehi pernyataan antar manusia untuk jarak jauh masih dilakukan dengan menggunakan Papyrus atau daun lontar, kulit binatang, logam tipis dll.

Setelah ditemukannya kerta oleh Bangsa Cina oleh Ts'ai Lun (105 M), kegiatan pernyataan antar manusia baru menggunakan kertas.

Dan baru setelah ditemukannya mesin cetak oleh Johanes Gutenberg (1400-1468), proses pernyataan antar manusia semakin berkembnag pesat dimana pesan bisa dilipatgandakan, dan saling menyampaikan pernyataan antar manusia semakin luas.

Namun fenomena jurnalistik yang sudah tampak pada Acta Diurna pada saat iitu tidak berkembang dikarenakan kekaisaran Romawi mengalami masa gelap (dark ages).

Baru tahun 1609, surat kabar pertama dalam sejarah muncul di Jerman dengn nama "Avisa Relation Order Zeitung", lalu disusul oleh "Weekly News" yang diterbtkan di Inggris pada tahun 1622.

Dan semakin berkembang di negara-negara Eropa lainnya pada abad 19, Inggris "Science od the press", Prancis "Science de la Presse", Nederland "Dagbladwetenschap", dan di Jerman "Zeitungswizzenschaft", semuanya itu berarti  "Ilmu per-suratkabaran". Maka jelas pada masa itu para cendekiawan Eropa menganggap bahwa per-suratkabaran sebagai ILMU (science, wetenschap, wissenschaft).

Pertama kali ilmu per-suratkabaran diajarkan di Universitas Bazel pada tahun 1884 oleh prof.Bucher. Ia mengajarkan sejarah pers, oerganisasi pers, dan statistik pers.
Lalu diikuti oleh Universitas Leipzig sesudah tahun 1892, disini semakin berkembang mengajarkan; Geschicte, des Zeitungswesens, Organization und tehnik des modernen zeitungswesens, dan presspolitik.

Demikianlah perkembangan ilmu tentang pernyataan antar manusia, dari fenomena pernyataan antar manusia di zaman Yunani dan Romawi kuno, menuju ke Jerman menjadi Publiziztik Wissenschaft yang disingkat dengan Publisistik. Tetapi belum berhenti disana, di Benua Amerika semakin berkembang pesat dengan bermunculannya pakar-pakar yang lebih meneliti ilmu ini, dan akhirnya diberi nama Communication Science (Ilmu Komunikasi).

******* bersambung *******

*Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi (Prof.Onong Uchjana Effendy-1993:6-11)

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And getting it running is as simple as 1---2---3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    So, do you want to start making profits?

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    ReplyDelete